BLOG
Efek Puasa Bagi Penderita Kolesterol

Puasa Ramadan dikenal memiliki dampak positif bagi kondisi spiritual. Akan tetapi, hal itu tidak berarti membuat kesehatan fisik jadi terabaikan. Puasa juga dapat mendatangkan berbagai manfaat baik bagi tubuh, salah satunya ialah menjaga kadar kolesterol.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa mereka yang berpuasa selama bulan Ramadan dapat memperoleh efek positif pada profil lemak mereka yaitu berupa penurunan kolesterol darah.

Terjadinya penurunan kolesterol tersebut disebabkan karena perubahan pola makan dan pola gaya hidup. Asupan makan serta kebiasaan merokok atau minum minuman keras yang berkurang akan berpengaruh pada metabolism tubuh sehingga berefek positif bagi tubuh.

Kadar kolesterol yang terjaga bermanfaat mengurangi risiko penyakit jantung hingga stroke sehingga berguna untuk kesehatan kardiovaskular. Untuk dapat mencapai manfaat puasa tersebut, penting bagi kita untuk tetap menjaga kadar kolesterol kita dengan menambahkan asupan serat seperti dalam produk gandum, sayur dan buah serta mengurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi.

 

SUMBER:

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3487759/