BLOG
Inilah Manfaat Berpuasa Sebulan Penuh

Ramadan merupakan suatu bulan dalam kalender Islam yang ditempuh oleh umat muslim dengan berpuasa wajib selama sebulan penuh. Di samping untuk beribadah, ternyata puasa juga mampu menawarkan sejumlah manfaat mulai dari segi rohani hingga kesehatan tubuh.

Pada saat sedang berpuasa, seseorang akan berhenti dari kegiatan makan dan minum mulai fajar hingga matahari terbenam. Tubuh yang tidak mendapatkan asupan tersebut akan menggunakan simpanan lemak sebagai sumber energi, membakar racun, serta melakukan detoksifikasi pada sistem pencernaan secara alami.

Nah, selain dapat membantu detoksifikasi atau pembersihan organ dalam tubuh, puasa juga memiliki manfaat lain seperti beberapa diantaranya berikut ini.

  1. Membantu diet

Terhentinya kegiatan makan dan minum selama beberapa waktu menyebabkan glukosa yang tersimpan dalam tubuh berperan sebagai sumber energi utama. Selain glukosa, lemak pun akan menjadi sumber energi berikutnya, sehingga jumlah lemak akan berkurang. Hal ini tentu bermanfaat bagi orang yang ingin diet karena bisa terbantukan dalam penurunan berat badan.

  1. Membentuk kebiasaan yang baik

Ramadan bisa dijadikan sebagai momen yang tepat untuk menghentikan kebiasaan buruk mulai dari sikap dan sifat tercela, mengonsumsi makanan manis, berlemak tinggi, hingga hal-hal yang menjadi candu misalnya kopi, alkohol, dan rokok. Kemampuan berpuasa selama sebulan itu bisa membantu Anda untuk terhindar dari kebiasaan buruk karena tubuh secara bertahap akan menyesuaikan diri dengan ketidakhadiran hal tersebut.

  1. Menurunkan risiko penyakit

Beberapa studi menyebutkan bahwa puasa bantu mengurangi kadar gula dalam darah sehingga menurunkan risiko tekanan darah tinggi. Selain itu, puasa dikatakan juga dapat bantu kurangi risiko kolesterol, penyakit jantung, serta membantu dalam penyembuhan penyakit inflamasi.

  1. Meningkatkan imunitas

Selama siklus puasa yang berkepanjangan, penipisan sel darah putih akan menginduksi perubahan. Hal tersebut kemudia akan memicu regenerasi sel kekebalan tubuh yang baru, sehingga sistem imun akan bertambah.

  1. Meningkatkan empati

Berpuasa bukan hanya sekedar menahan lapar dan haus. Melalui puasa, manusia dapat belajar mengendalikan diri, hingga merasakan penderitaan yang terjadi pada fakir miskin. Dengan begitu, kita mampu untuk berempati dan simpati lewat beramal dan kemurahan hati, sehingga dapat menghilangkan keegoisan dalam diri.

Untuk mendapatkan kebaikan manfaat puasa di atas, penting bagi setiap orang untuk tetap menjaga pola makan sehat dengan kecukupan nutrisi, serta menjalankan aktivitas ibadah dengan lebih mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.

 

Sumber:

http://htv.com.pk/health/9-fasting-health-benefits-during-ramadan

http://www.thedailybeast.com/articles/2014/06/07/fasting-might-regenerate-human-immune-system

http://www.islamicfoundation.ca/ramadan.aspx

http://www.muslim.org/islam/ramadan.htm