BLOG
Sulit Menghindari Makanan Manis? Ini Solusinya!

Kebanyakan orang lebih gemar mengonsumsi santapan yang manis-manis. Padahal, terlalu sering mengonsumsi makanan manis dapat membawa risiko bagi kesehatan. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

 

Pada dasarnya, lidah manusia dapat mendeteksi lima rasa yaitu asin, asam, pahit, manis dan umami. Manusia secara alami berusaha mencari makanan yang ‘manis’, terutama dalam bentuk karbohidrat yang digunakan sebagai sumber energi. Ada bagian pada otak manusia yang dapat dirangsang oleh rasa manis. Hal ini berguna untuk meningkatkan nafsu makan dan relaksasi lambung agar tubuh dapat menerima makanan yang berguna bagi tubuh.

Rasa manis alami berasal dari buah, sayur dan makanan harian lainnya. Sedangkan, pemanis dengan bahan dasar gula maupun pemanis buatan bisa Anda temui di berbagai produk makanan dan minuman olahan yang merupakan produk buatan karena teknologi jaman.

 

Tingginya gula pada makanan manis apabila dikonsumsi secara terus menerus dapat menimbulkan berbagai risiko kesehatan diantaranya mulai dari kerusakan gigi, kolesterol buruk, tekanan darah tinggi, obesitas, diabetes, hingga kanker payudara dan usus besar.

 

Oleh karena itu, keinginan mengonsumsi manis secara berlebihan perlu dikurangi dengan menjalankan beberapa cara berikut ini.

 

Makan teratur

Rasa lapar biasanya menyebabkan otak Anda ingin mengonsumsi manis. Oleh karena itu, isilah perut Anda dengan makan besar yang diselingi snack sehat dalam porsi kecil setiap 3-5 jam sekali agar gula darah tetap stabil dan Anda terhindar dari perilaku makan yang irasional.

 

 

Konsumsi serat dan protein

Asupan dengan kandungan protein maupun serat seperti pada ikan atau biji-bijian dapat membantu menciptakan rasa kenyang lebih lama, sehingga Anda terhindari mengonsumsi makanan manis.

 

Pilih buah

Konsumsi buah-buahan merupakan solusi paling baik karena Anda dapat tetap mengonsumsi sesuatu yang manis secara alami. Buah pisang, apel, jeruk merupakan pilihan yang bisa Anda coba.

 

Pergi berjalan-jalan

Sekedar berjalan, lari, hingga berolahraga, dapat menjauhkan Anda dari keinginan mengonsumsi makanan yang manis. Latihan ini dapat menghasilkan senyawa endorfin yang bisa membuat Anda merasa lebih baik.

 

Hindari stres

Rasa stres bisa menimbulkan hasrat mengonsumsi manis Anda meningkat. Untuk itu, hindari stres dan hiduplah dengan sehat untuk mengatasi hal tersebut.

 

Beberapa cara diatas bisa Anda lakukan sebagai upaya mengurangi makan makanan yang manis-manis. Apabila Anda memiliki kondisi kesehatan khusus, konsultasikan terlebih dahulu pada dokter perihal batas mengonsumsi kandungan gula pada makanan.

 

 

Sumber:

https://books.google.co.id/books?id=OCr_fl-AWp0C&pg=PA253&lpg=PA253&dq=sweetness+natural+artificial+carbohydrate+primitive&source=bl&ots=LI54MZSEaX&sig=t_WJbA7GMEUQLFoOg7R1g1yih4I&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwj_tIj43PHUAhVCRo8KHZd7CzoQ6AEILjAC#v=onepage&q=sweetness%20natural%20artificial%20carbohydrate%20primitive&f=false

http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/j.1750-3841.2008.00832.x/full

https://www.diabetes.org.uk/Guide-to-diabetes/Enjoy-food/Eating-with-diabetes/Diabetes

https://www.bbcgoodfood.com/howto/guide/why-do-children-love-sweet-stuf

http://www.webmd.com/diet/features/13-ways-to-fight-sugar-cravings#1

http://www.bbc.co.uk/science/0/21835302

https://www.psychologytoday.com/blog/the-mindful-self-express/201302/why-our-brains-love-sugar-and-why-our-bodies-dont

http://www.livescience.com/36188-sugar-bad.html

http://www.livescience.com/2276-love-sweet-life.html

http://nutritiouslife.com/4-reasons-why-you-have-sugar-cravings

http://www.webmd.com/diet/features/13-ways-to-fight-sugar-cravings#1

http://www.wikihow.com/Stop-Sweet-Cravings

https://authoritynutrition.com/3-step-plan-to-stop-sugar-cravings/

http://www.heart.org/HEARTORG/HealthyLiving/HealthyEating/Nutrition/Sugar-101_UCM_306024_Article.jsp#.WSMNdWjyjDc