BLOG
Inilah Golongan Orang yang dapat Terkena Diabetes
Maret 2017

Diabetes adalah suatu penyakit yang ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi akibat gangguan metabolisme gula darah. Jika tidak ditangani dengan serius, diabetes dapat menyebabkan risiko jantung, stroke, gangguan mata, ginjal, hingga tindakan amputasi. Namun, tahukah Anda siapa saja yang dapat berpotensi terkena diabetes?

Pada dasarnya, diabetes terjadi di saat tubuh tidak dapat memproduksi atau menggunakan insulin dengan baik. Insulin tesebut merupakan hormon yang diperlukan agar gula darah atau glukosa bisa masuk ke dalam sel dan diubah menjadi energi yang dibutuhkan untuk kehidupan sehari-hari.

Diabetes sendiri terdiri atas beberapa tipe diantaranya yaitu diabetes tipe 1, 2, diabetes gestasional dan diabetes tipe lain. Berdasarkan tipe-tipe tersebut, terdapat beberapa kondisi yang menyebabkan seseorang berpotensi terkena serangan diabetes.

Pada diabetes tipe 1, umumnya anak-anak dan remaja berpotensi terkena diabetes. Ini dikarenakan, diabetes pada jenis ini dapat diturunkan melalui anggota keluarga.

Selanjutnya, orang-orang yang berpotensi terkena diabetes pada tipe 2 diantaranya ialah orang yang mengalami obesitas, praktik gaya hidup tidak sehat, sindrom ovarium plikistik, mereka dengan hipertensi atau kadar kolesterol tinggi, serta berusia lanjut.

Sedangkan ibu hamil dengan riwayat diabetes pada kehamilan sebelumnya, berusia di atas 25 tahun, mengalami obesitas atau memiliki riwayat keluarga menderita diabetes dapat berpotensi terkena diabetes gestasional.

Selain itu, ada diabetes tipe lain yang dapat disebabkan akibat dari penggunaan obat-obatan glukokortikoid, penyakit pankreas (fibrosis kistik) atau kanker pankreas.

Berdasarkan berbagai tipe diabetes tersebut, dapat dikatakan bahwa setiap orang jelas memiliki potensi terkena diabetes. Faktor genetik atau keturunan, gaya hidup, riwayat kesehatan dan lingkungan, dapat meningkatkan risiko terjadinya diabetes.

Dari berbagai faktor penyebab risiko diabetes, faktor keturunan mungkin tidak dapat dimodifikasi, namun sebaliknya ada faktor yang dapat diperbaiki seperti gaya hidup atau lingkungan. Dengan mengetahui kondisi ini lebih awal, maka sebisan mungkin Anda dapat mencegah diabetes. Sejak dini, sebaiknya mulailah melakukan gaya hidup sehat dimulai dari sekarang. Kuncinya, jaga berat badan, rutin berolahraga selama 30 menit setiap hari, serta makan dengan menu diet sehat dan seimbang.

 

Sumber:

http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/gestational-diabetes/symptoms-causes/dxc-20317176

http://care.diabetesjournals.org/content/diacare/40/Supplement_1/S11.full.pdf

http://www.pamf.org/diabetes/whatis/

http://www.webmd.com/diabetes/tc/diabetes-differences-between-type-1-and-2-topic-overview

http://www.webmd.com/diabetes/guide/risk-factors-for-diabetes#1

http://www.diabetes.co.uk/how-does-diabetes-affect-the-body.html

 

MyAptaPlus
myaptaplus@copyrights2016. Disclaimer.