BLOG
Mengenal Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2

Diabetes merupakan salah satu penyakit dengan gangguan metabolisme yang berhubungan dengan glukosa darah. Diabetes memilik dua tipe utama yaitu tipe 1 dan tipe 2.

Kondisi diabetes terjadi ketika tubuh tidak dapat menggunakan energi yang diperoleh dari makanan secara baik dan benar. Hal itu disebabkan karena kurangnya produksi hormon insulin atau kerja insulin yang tidak optimal sehingga glukosa tidak dapat masuk ke dalam sel untuk pembentukan energi. Sehingga pada akhirnya, glukosa hanya tinggal di dalam darah.

 Penderita diabetes tipe 1 ditandai dengan ciri kurangnya produksi insulin oleh pankreas. Sistem kekebalan tubuh yang bekerja secara keliru akan menghancurkan sel beta pankreas yang menghasilkan insulin, sehingga menyebabkan berkurangnya produksi insulin dalam tubuh. Dengan berkurangnya insulin, glukosa tidak dapat masuk ke dalam sel dan tidak dapat digunakan sebagai energi. Oleh karenanya, penderita diabetes tipe 1 ini perlu mendapat suntikan insulin setiap hari selama hidup.

Adapun kondisi pada diabetes tipe 2, tidak ada masalah pada fungsi pankreas dalam memproduksi insulin, melainkan insulin tidak dapat bekerja secara efektif atau dikenal sebagai resistensi insulin. Hal tersebut juga mengakibatkan kadar glukosa darah meningkat dikarenakan glukosa tidak dapat masuk ke dalam sel.

Gejala diabetes tipe 1 biasanya dimulai sejak masa kanak-kanak, sedangkan diabetes tipe 2 dapat terjadi pada siapa saja dan umumnya terjadi setelah dewasa akibat gaya hidup yang tidak sehat. Perbedaan lainnya yaitu, diabetes tipe 1 merupakan penyakit yang tidak dapat dihindari maupun dicegah, sedangkan diabetes tipe 2 dapat dicegah apabila mampu menerapkan gaya hidup sehat.

Bagaimanapun juga, kedua jenis diabetes tersebut dapat berisiko bagi kesehatan seseorang hingga menimbulkan berbagai penyakit komplikasi yang serius. Untuk menghadapinya, diperlukan penerapan gaya hidup sehat yaitu mengatur pola makan dengan bijak, kontrol ke dokter secara teratur, mengonsumsi obat sesuai resep dokter, menjaga berat badan serta berolahraga secara teratur.

 

Sumber:

http://www.webmd.com/diabetes/tc/diabetes-differences-between-type-1-and-2-topic-overview

https://www.niddk.nih.gov/health-information/diabetes/overview/what-is-diabetes

http://www.diabetes.ca/about-diabetes/types-of-diabetes

http://www.medicalnewstoday.com/articles/7504.php