BLOG
Mengetahui Berbagai Manfaat Buah-buahan Bagi Kesehatan

Buah adalah salah satu makanan yang sehat untuk dikonsumsi. Orang yang rutin mengonsumsi buah sebagai bagian dari menu makan sehari-harinya  seringkali cenderung memiliki risiko yang lebih rendah terhadap suatu penyakit.

Berkat berbagai kandungan nutrisinya, buah membawa banyak manfaat bagi kesehatan dan perawatan tubuh. Nutrisi yang terdapat pada buah diantaranya  adalah kalium, serat, vitamin, mineral, serta antioksidan.

Kalium dalam buah dapat membantu mengurangi risiko hipertensi, penyakit jantung, dan stroke. Kalium juga dapat membantu menjaga kepadatan tulang mengurangi keropos tulang seiring bertambahnya usia.

Sedangkan serat yang ada pada buah mampu membantu menurunkan kadar kolesterol, memperlambat proses penyerapan sehingga memberi rasa kenyang lebih lama, yang mana hal ini juga berguna bagi program penurunan berat badan.  Kandungan vitamin dan mineral pada buah pun dibutuhkan oleh tubuh agar bisa menjalani aktivitas harian secara optimal.

Nutrisi-nutrisi tersebut tentu bisa  didapatkan dari berbagai  jenis buah. Berikut ini kami rangkum beberapa buah yang mudah untuk Anda temui disertai manfaatnya untuk menurunkan risiko berbagai penyakit. 

Apel: Sehatkan kolesterol

Rutin mengonsumsi apel beserta kulitnya dapat membantu Anda turunkan risiko kolesterol tinggi, penyakit jantung, dan kanker usus besar, Hal ini disebabkan karena apel memiliki kandungan polifenol (kelompok antioksidan) serta serat yang baik untuk tubuh. Apel juga berguna untuk kesehatan gigi, bantu jaga kadar gula darah dan menurunkan berat badan.

Pisang: Cegah hipertensi

Buah yang kaya akan kalium dan rendah sodium ini dapat membantu menurunkan tekanan darah sehingga bantu mengurangi risiko stroke. Karbohidrat di dalamnya juga dapat memberikan rasa kenyang.

Stroberi: Kurangi risiko penyakit jantung

Vitamin C yang tinggi pada stroberi bermanfaat untuk bantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Stroberi juga merupakan sumber asam folat dan antioksidan yang baik.

Jeruk: Meningkatkan sistem imun

Buah manis yang familiar ini merupakan sumber vitamin c, serat, kalium, kalsium, folat dan vitamin B yang berguna untuk bantu jaga sistem kekebalan tubuh. Jeruk juga kaya akan flavonoid yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan.

Pepaya: Memperbaiki pencernaan

Pepaya dapat membantu memperlancar pencernaan sehingga membantu mengurangi risiko kanker usus besar. Pepaya juga menyediakan folat yang baik, kaya akan vitamin C, A dan E.

 

Setelah mengetahui berbagai manfaat baik dari buah-buahan di atas, kini Anda tentu bisa rutin mengonsumsinya agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

 

 

Sumber:

 

http://www.health.com/health/gallery/0,,20606331,00.html#apples-2

https://www.healthyeating.org/Healthy-Eating/All-Star-Foods/Fruits.aspx

https://www.choosemyplate.gov/fruits-nutrients-health

https://www.bodybuilding.com/fun/the-most-nutritious-fruits-and-vegetables.html

http://www.wymans.com/health-benefits-fruit

https://authoritynutrition.com/is-fruit-good-or-bad-for-your-health/

https://www.aol.com/food/10-best-and-10-worst-fruits-you/

http://www.everydayhealth.com/diet-nutrition-pictures/the-healthiest-power-fruits-next-door.aspx#01

http://www.rd.com/health/healthy-eating/healthiest-fruits/

http://www.more.com/lifestyle/exercise-health/8-healthiest-fruits-you-should-be-eating/papayas

https://www.thedailymeal.com/eat/7-most-nutritious-fruits-you-can-eat-0/slide-6