BLOG
Faktor yang dapat Menyebabkan Kolesterol Tinggi
September

Kolesterol tinggi merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Semakin tinggi kadar kolesterol dalam darah maka semakin besar risikonya. Lalu, apa saja yang menyebabkan hal itu bisa terjadi?

Pada dasarnya, kolesterol dapat ditemukan didalam tubuh. Ia memiliki fungsi alami dan merupakan komponen penting dalam produksi empedu untuk proses pencernaan lemak. Selain itu kolesterol juga adalah komponen penting untuk produksi hormon serta vitamin D.

Jika berada pada tingkat normal, kolesterol merupakan zat yang penting bagi tubuh. Namun, apabila kadarnya menjadi terlalu tinggi, akan ada bahaya yang mengintai kesehatan kita.

Kolesterol yang berlebih dapat membentuk plak di dalam arteri. Plak kemudian akan mempersempit arteri sehingga dapat menghambat peredaran darah . Penumpukkan plak dapat terjadi apabila kadar kolesterol jahat (kolesterol LDL) terlalu tinggi atau kadar kolesterol baik (kolesterol HDL) terlalu rendah.

Adapun beberapa faktor yang dapat memperngaruhi tingginya kadar kolesterol tubuh, diantaranya yaitu:

  1. Makanan

Mengonsumsi terlalu banyak makanan mengandung lemak jenuh, lemak trans dan kolesterol bisa menyebabkan kolesterol tinggi. Makanan yang biasanya mengandung lemak jenuh dan kolesterol tinggi terdapat pada makanan berbasis hewani seperti daging, produk susu, kuning telur, mentega, keju hingga coklat. Sedangkan, makanan yang mengandung lemak trans biasanya terdapat pada gorengan dan makanan ringan lain sejenisnya.

  1. Gaya Hidup

Kurangnya aktivitas fisik bisa menurunkan kadar kolesterol HDL dalam tubuh sekaligus meningkatkan kolesterol LDL. Begitu pula dengan kebiasaan merokok yang mampu merusak dinding pembuluh darah, dan menurunkan kolesterol baik dalam tubuh.

  1. Kondisi Kesehatan

Beberapa penyakit tertentu dapat meningkatkan risiko kolesterol tinggi, mulai dari hipotiroidisme, penyakit ginjal kronis dan penyakit hati. Begitu juga pada diabetes, gula darah tinggi akan berkontribusi pada peningkatan kolesterol LDL dan gangguan pada dinding pembuluh darah arteri. Kemudian, kondisi kegemukan hingga obesitas juga dapat meningkatkan trigliserida dan menurunkan kadar kolesterol HDL.

Selain ketiga faktor tersebut, kolesterol tinggi juga bisa disebabkan  oleh faktor keturunan. Jika ada anggota keluarga memiliki kolesterol tinggi, Anda memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terkena. Untuk menjauhkan risiko kolesterol tinggi, setiap orang direkomendasikan untuk menjalani gaya hidup sehat serta rutin melakukan pengecekan darah guna terhindar dari kolesterol tinggi yang bisa membahayakan kesehatan.

 

Sumber:

http://www.webmd.com/cholesterol-management/tc/high-cholesterol-cause

http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/high-blood-cholesterol/symptoms-causes/dxc-20181874

http://www.medicalnewstoday.com/articles/9152.php

http://www.health.com/health/gallery/0,,20306953,00.html

http://www.healthline.com/health/high-cholesterol-symptoms#symptoms2